Apple Akan Bebas Jejak Karbon di Tahun 2030?

Darling Energi
Berita Darling
Apple Akan Bebas Jejak Karbon di Tahun 2030?
29 Dec 2021

Siapa sih yang gak kenal sama perusahaan yang satu ini? Perusahaan yang merilis produk-produk berkelas seperti iPhone, iPad, Macbook, dan sebagainya ini ‘sesumbar’ akan jadi perusahaan yang bebas jejak karbon beberapa tahun lagi. Benarkah demikian? Cek fakta-faktanya berikut ini yuk, Darlings!

 

Beralih ke Energi Terbarukan

Mengutip dari situs resmi Apple, perusahaan ini berjanji untuk merancang seluruh produknya dengan menggunakan energi bersih, tepatnya di sekitar tahun 2030 mendatang. Apple mengakui bahwa separuh dari jejak karbon yang mereka hasilkan berasal dari penggunaan listrik dalam proses manufaktur, sehingga penting bagi mereka untuk segera beralih ke sumber listrik terbarukan yang lebih bersih. Hmmm…menarik ya, Darlings.

 

Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

Terkait janji tersebut, Apple lalu mulai menjalin kerja sama dengan China Clean Energy Fund sembari menggelontorkan nyaris 300 juta dolar AS demi mewujudkan rencananya menggunakan listrik terbarukan. Selain itu, kerja samanya dengan Conservation International juga dilakukan untuk mewujudkan kepedulian dan kecintaannya terhadap Bumi. 

 

Berkontribusi Untuk Pelestarian Hutan

Apple juga turut terlibat dalam upaya pemulihan dan perlindungan hutan mangrove di Kolombia dan sabana di Kenya. Upayanya tersebut adalah sebagai langkah awal konservasi yang diharapkan bisa menghapus satu sampai dua juta metrik ton karbon per tahunnya. Woa.

 

Inovasi Tanpa Henti

Tahu nggak, Darlings, Apple sendiri sampai kini tak berhenti berinovasi terutama dalam proses penciptaan produknya. Demi mewujudkan rencana bebas jejak karbon, Apple sudah mengurangi penggunaan material dengan tingkat karbon tinggi lantas beralih ke bahan kimia yang lebih aman sehingga minim dampak. Misalnya, penggunaan material dari aluminium atau timah daur ulang. Gak cuma produk, kemasannya juga akan dibuat dari 100% material daur ulang. Salut!

 

Cek-Ricek Toko Official-nya

Apple juga gak kenal lelah melakukan gebrakan pada pembangunan kantor, toko, dan pusat data mereka. Saat ini, seluruh kantor, toko, dan pusat data Apple memakai 100% sumber listrik terbarukan. Semua dimonitor agar bisa dipastikan kalo toko-toko benar-benar bebas dari jejak karbon.

 

Tuh kan, Dalings. Perusahaan sekelas Apple aja berani untuk memulai perubahan. Kamu kapan? Jangan menunggu lama karena kita gak tau pasti apa yang akan terjadi selanjutnya kalo masih banyak yang apatis sama isu lingkungan. 



Sumber: 

https://www.greeners.co/ide-inovasi/2030-apple-akan-menjadi-perusahaan-bebas-jejak-karbon/

Penulis : MYW