Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Darling Tanaman
Darling Fauna
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
05 Nov 2022

Kamu tahu gak Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional itu apa? Mungkin terdengar kurang familiar, namun hari ini adalah hari penting yang perlu kamu ketahui loh sobat Darling. Yuk, simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Diperingati setiap tanggal 5 November, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) merupakan hari penting yang diperingati dalam rangka peningkatan perlindungan dan upaya pelestarian fauna dan flora khas Indonesia, serta untuk lebih menumbuh kembangkan kepedulian rasa cinta dan kebanggaan nasional terhadap kekayaan tersebut.

Mengingat Kekhasan flora dan fauna Indonesia yang menjadi kebanggaan nasional itu sendiri, hal tersebut harus dimanfaatkan sebagai pendorong upaya perlindungan, pelestarian serta pemanfaatannya secara berkelanjutan.

Sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Berdasarkan tujuan tadi, maka pemerintah menetapkan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional diperingati setiap 5 November melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional oleh Presiden Soeharto.

Melalui sambutan Presiden Soeharto pada Upacara Pencanangan Tahun Lingkungan Hidup pada 10 Januari 1993 di Jakarta, seperti dikutip dari buku Mimbar kekaryaan ABRI bahwa Presiden kedua tersebut menyampaikan pesan tentang tujuan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

"Untuk terus menerus meningkatkan diri kita agar kita selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan, maka kita telah menetapkan satu hari dalam setahun sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam kita. Untuk itu saya menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional." Ujar Presiden Soeharto.

Jenis Flora dan Fauna Khas Indonesia

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta masyarakat akan flora dan fauna khas Indonesia, maka ditetapkan juga jenis-jenis tumbuhan dan hewan sebagai puspa nasional dan satwa nasional.

Ada tiga jenis bunga yang dinyatakan sebagai bunga Nasional, dan selanjutnya ditetapkan penyebutannya sebagai berikut:

  1. Melati (Jasminum Sambac) sebagai puspa bangsa.
  2. Anggrek (Phalaenopsis Amabilis) sebagai puspa pesona.
  3. Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii) sebagai puspa langka.

Adapun tiga jenis satwa yang masing-masing mewakili satwa darat, air, dan udara, dinyatakan sebagai Satwa Nasional, selanjutnya juga ditetapkan penyebutannya sebagai berikut:

  1. Komodo (Varanus Komodoensis) sebagai satwa nasional.
  2. Ikan Siluk Merah (Scleropages Formosus) sebagai satwa pesona.
  3. Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) sebagai satwa langka.

Intinya, hari peringatan ini bertujuan Untuk mewujudkan kepedulian dan rasa cinta kita terhadap tumbuhan dan satwa nasional secara umum. Alhasil, segenap lapisan masyarakat termasuk kamu juga senantiasa perlu untuk meningkatkan perlindungan sekaligus melakukan upaya pelestarian ekosistem, habitat, populasi ataupun kegiatan penelitian serta pengembangan flora dan fauna nasional tersebut. Semoga bermanfaat.***

Sumber: news.detik.com

Penulis : GLG