Mangrove, Sumber Daya yang Kaya Makna

Darling Tanaman
Darling Energi
Mangrove, Sumber Daya yang Kaya Makna
29 Dec 2021

Melansir dari kemenparekraf.go.id, hutan mangrove atau yang kerap pula disebut dengan hutan bakau tumbuh di sepanjang pesisir pantai, muara sungai, bahkan ada yang tumbuh di rawa gambut. Kita bahas yuk fakta-fakta tentang mangrove untuk memperkaya wawasan dan memperdalam insting peduli lingkungan  kita. Apa aja sih? 

 

World Mangrove Center di Indonesia

Dikutip dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di tahun 2021, perlindungan mangrove dunia memasuki agenda baru. Pemerintah Jerman dan Republik Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama keuangan berbentuk hibah senilai EUR 20 juta untuk Program Perlindungan Hutan Mangrove termasuk Pembentukan World Mangrove Center di Indonesia. Ini jadi kabar baik banget yang berarti keberadaan kawasan mangrove di Indonesia jadi prioritas penting bahkan di mata dunia. 

 

Mangrove Bukan Cuma Bakau

Banyak dari kita menyangka kalo hutan mangrove adalah hutan bakau. Nggak salah, sih. Tapi sebenarnya bakau adalah cuma salah satu dari sekian banyak spesies mangrove. Bakau ini adalah rhizophora SP.  Jadi, ada banyak jenis mangrove, bakau salah satunya. 

 

Nggak Semua Pesisir Punya Mangrove

Di Indonesia, sebagai contoh, ternyata di pantai utaranya lebih banyak ditumbuhi mangrove dibanding di pantai selatan. Kenapa? Pantai selatan punya kemungkinan kecil bisa ditumbuhi oleh mangrove, karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia yang arus lautnya tidak stabil secara merata. Sementara di kawasan pantai utara, kondisi pesisirnya tenang dengan arus yang nggak begitu kencang. Kondisi inilah yang membuat mangrove bisa tumbuh baik.

 

25 Persen Mangrove Dunia Ada di Indonesia

Berdasarkan data One Map Mangrove, luas ekosistem mangrove Indonesia mencapai 3,5 juta hektare yang terdiri dari 2,2 juta ha di dalam kawasan dan 1,3 juta ha di luar kawasan mangrove. Luas banget! Ini berkaitan erat sama fakta Indonesia sebagai negara kepulauan dimana ada banyak perairan yang punya area mangrove. 

 

Tumbuh di 124 Negara

Darlings, mangrove ternyata tumbuh di 124 negara tropik dan subtropik dengan luasan di dunia sekitar 15,2 juta hektare. Wow! Nah, Indonesia bersama empat negara lainnya (Australia, Brasil, Nigeria, dan Mexico) mewakili 48% dari luasan hutan mangrove dunia. 

 

Mangrove Indonesia Simpan Lima Kali Karbon Lebih Banyak

Peneliti senior dari Center for International Forestry Research (CIFOR), Daniel Murdiyarso, dalam risetnya (Murdiyarso et al., 2015), menjelaskan bahwa hutan mangrove Indonesia menyimpan lima kali karbon lebih banyak per hektare dibanding hutan tropis dataran tinggi. Inilah yang membuat kawasan mangrove di Indonesia jadi aset yang penting buat kepentingan ekologis.

Sejauh mana kamu tau tentang mangrove? Sejauh mana pula upaya kamu untuk ikut menjaga kelestariannya? Yuk, renungkan lagi!



Sumber:

https://kemenparekraf.go.id/rumah-difabel/5-Wisata-Hutan-Mangrove-di-Indonesia

https://www.google.com/amp/s/www.mongabay.co.id/2017/07/26/7-fakta-penting-mangrove-yang-harus-anda-ketahui/amp/

Penulis : MYW