Sering Dipakai Untuk Lomba, Pohon Pinang Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Darling Inspirasi
Sering Dipakai Untuk Lomba, Pohon Pinang Ternyata Memiliki Banyak Manfaat
22 Aug 2022

Dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat selalu merayakannya dengan mengadakan berbagai perlombaan. Salah satu perlombaan yang popular di Indonesia adalah panjat pinang. Pada perlombaan berkelompok ini, para peserta akan bekerja sama untuk memanjat pinang dimana terdapat banyak hadiah-hadiah menarik di atasnya. Mulai dari perlengkapan rumah tangga hingga motor dan motor. 

#DarlingSquad tau gak sih, ternyata Pinang atau Areca catechu L. memiliki banyak manfaat. Pinang bisa tumbuh hingga 15 sampai 20 meter dengan diameternya hingga 15 cm. Tumbuhan ini bisa tumbuh dan berkembang secara optimal pada ketinggian nol sampai seribu meter di atas permukaan laut. Tanaman ini sangat sesuai ditanam pada daerah yang memiliki iklim sedang dan agak basah dengan curah hujan antara 750 hingga 4.500 mm setiap tahunnya.

Berdasarkan laman Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada, pinang memiliki masa hidup 25 hingga 30 tahun. Tumbuhan ini akan berbunga setiap awal dan akhir dari musim hujan. Buahnya akan berkecambah setelah satu setengah bulan dan akan tumbuh jambul daun-daun kecil yang belum terbuka setelah empat bulan. Batangnya akan terbentuk setelah dua tahun dan baru bisa berbuah setelah tanaman tersebut berusia lima hingga delapan bulan.

Lalu, apa saja manfaat dari pinang? Dilansir dari laman Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, biji, akar, daun, hingga batang pinang bisa dimanfaatkan lho ges. Biji tumbuhan ini berwarna coklat kemerahan dan mengandung alkaloid dan juga proantosianidin yang termasuk dalam golongan flavonoid. Ini berarti biji pinang mengandung efek antibakteri serta antivirus. Untuk itu, biji pinang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk ramuan tradisional. Manfaat dari bijinya dapat untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, hingga kudisan.

Biji pinang juga bisa digunakan sebagai campuran untuk makan sirih, bahan pewarna alami untuk warna merah, dan bahan penyamak. Sementara, pada masa pada masa penjajahan akar pinang digunakan sebagai racun untuk menyingkirkan para musuh, terutama jenis pinang itam. Pelepah daunnya yang dikenal sebagai upih juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus kue atau makanan, sedangkan umbutnya bisa dimakan sebagai lalapan.

Selain diperdagangkan menjelang perayaan 17-an, batang pinang juga dapat digunakan sebagai bahan pagar dan perkakas. Batang pinang yang tua juga bisa digunakan sebagai talang atau saluran air dengan cara membuang bagian tengahnya. Ternyata, banyak juga ya manfaat dari pohon pinang ini. Semoga ulasan tersebut dapat menginspirasi kamu untuk memanfaatkan pohon pinang.  

 

Sumber:

https://gaya.tempo.co/read/1494709/selain-untuk-lomba-ini-sederet-manfaat-pohon-pinang

Penulis : GSH