Tahun Baru, Sampah Jadi Banyak Gak Ya?

Darling Sampah
Tahun Baru, Sampah Jadi Banyak Gak Ya?
22 Dec 2022

Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari nih Sobat darling. Mayoritas masyarakat pastinya akan merayakannya, mengingat pada tanggal 1 Januari adalah tanggal merah atau libur nasional.

Yang menjadi permasalahannya saat ini yaitu perihal sampah, khususnya plastik yang dari tahun ke tahun semakin menumpuk. Nah, untuk perayaan pergantian tahun 2022 ke 2023 ini apakah akan semakin banyak? Sebelumnya, yuk kita simak dulu tumpukan sampah dari tahun ke tahun berikut ini.

Pergantian Tahun 2020 ke 2021 di DKI Jakarta 

Melansir dari laman megapolitan.kompas.com, Syaripudin selaku Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengatakan pada malam pergantian Tahun Baru 2021 hanya ditemukan sampah seberat 3,2 ton.

Jumlah sampah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sampah perayaan Tahun Baru 2022. Ketika perayaan Tahun Baru 2020 masih dalam kondisi normal yakni 125 ton. 

Pengurangan waktu pembersihan hingga jumlah tonase sampah tidak lain karena larangan perayaan dan kerumunan pada perayaan Tahun Baru 2021. Hal tersebut juga terwujud dari kedisiplinan warga Jakarta dalam mencegah penyebaran Covid-19 dalam mencegah kerumunan yang berimbas juga pada jumlah sampah saat malam Tahun Baru berlangsung. 

Pergantian Tahun 2021 ke 2022 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17%, atau sekitar 11,6 juta ton merupakan sampah plastik sebagai penyumbang.

Terkait hal itu, Sinta Saptarina Soemiarno selaku Direktur Pengurangan Sampah KLHK mengatakan bahwa peningkatan bisnis daring selama masa pandemi Covid-19 berdampak langsung pada peningkatan jumlah sampah plastik di rumah tangga.

Pasalnya, pemakaian kemasan semakin meningkat, seperti pembungkus, bubble wrap dan kantong plastik pada saat pengemasan, serta pengiriman barang-barang.

Frekuensi belanja online yang tadinya cuma sekali sebulan, naik menjadi satu hingga 10 kali per bulan. Sekitar 96% paket belanja daring dibungkus dengan plastik.

Nah, itu dia ulasan mengenai data tumpukan sampah yang Tim SiapDarling ambil dari Ibu Kota dan data tumpukan sampah skala nasional dari tahun sebelumnya. 

Mengingat, saat ini pandemi dan aktivitas masyarakat udah mulai berjalan normal kembali, maka ada kemungkinan total tumpukan sampah akan bertambah seiring dengan banyaknya masyarakat yang akan merayakan pergantian Tahun Baru 2023 nanti. ***

Sumber: 

  • megapolitan.kompas.com
  • cnnindonesia.com
Penulis : SiapDarlingTeam