16 December 2019
Aksi Darling Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Ijen

BANYUWANGI – Kebakaran hebat hutan dan lahan telah menghabiskan sekitar 500 hektar hutan di kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen pada Oktober 2019. Sehingga hutan konservasi ini sempat ditutup oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Meskipun telah dibuka kembali, kondisi hutan di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen tidak seperti sebelumnya yang terkenal akan keindahan pesona alamnya. Bahkan sampai saat ini saja pemandangan hutan terlihat gundul dan gersang dikarenakan pohon-pohon yang tumbang dan hangus dilalap api.

Dengan melihat kondisi seperti ini, #Siapdarling akan mengadakan penanaman  Cemara Gunung yang menjadi pohon endemik di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan sebagai bentuk kepedulian #Siapdarling dalam mengurangi dampak dari kebakaran serta dapat membantu memulihkan kondisi alam Ijen.

Kegiatan ini juga digagas oleh #Siapdarling yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan mengajak 200 mahasiswa yang tergabung dalam #Darlingsquad regional Banyuwangi, Jawa Timur untuk ikut kolaboraksi dalam penanaman bibit pohon Cemara Gunung. Untuk pendaftaran akan dibuka sebanyak 2 sesi yang masing-masingnya memiliki kuota 100 peserta #Darlingsquad.

Sudah saatnya kita sama-sama sadar lingkungan, karena sesuai jargon #Siapdarling, ‘siap sadar lingkungan’, ‘bikin perubahan itu gak bisa sendirian.’

Lokasi:Kawasan TWA Kawah Ijen
Sisa Kuota:0
Pendaftar:100